SOAL DAN PEMBAHASAN SEJARAH SMA XI UAS GENAP 2012/2013

· SEJARAH
Penulis

DINAS PENDIDIKAN

SMA NEGERI 2 BARRU

SOAL DAN PEMBAHASAN SEJARAH UAS GENAP 2012/2013

  1. Bentuk pemerintahan Jepang selama berlangsungnya Perang Dunia II adalah…

a. Kewedanan

b. Republik

c. Militer

d. Kesultanan

e. Kekaisaran

Pembahasan    :

Perkembangan negara-negara di Eropa menjelang terjadinya Perang Dunia II ditandai oleh adanya dua bentuk pemerintahan yang saling bertentangan. Kedua bentuk pemerintahan tersebut adalah pemerintahan demokratis dan pemerintahan otoriter.Bentuk pemerintahan demokratis mendukung kebebasan, yang kemudian didukung oleh beberapa negara adidaya. Negara-negara yang menganut paham demokratis, antara lain Inggris, Prancis, dan Amerika Serikat.Sedang bentuk pemerintahan otoriter (diktator) merupakan pemerintahan yang menindas segala bentuk kebebasan. Negara-negara yang mendukung dan menganut bentuk pemerintahan otoriter ini, antara lain Italia, Jerman, dan Uni Soviet. Pada saat itu, Jerman dipimpin oleh Adolf Hitler dengan paham Nasional Sosialisme atau lebih terkenal dengan sebutan NAZI. Negara Italia dipimpin oleh Benito Mussolini dengan paham Fasisme, sedangkan negara Uni Soviet pada waktu itu dipimpin oleh Stalin dengan paham Komunis.Ketiga tulang punggung pemerintahan otoriter ini secara prinsip memiliki perbedaan. Akan tetapi, secara umum ketiganya memiliki persamaan, yakni sama-sama menindas dan mengancam negara lain. Sedangkan dari benua Asia, Jepang yang pada waktu itu berbentuk kekaisaran yang dipimpin oleh Kaisar Hirohito dengan paham Militerisme yang juga menganut pemerintahan otoriter.

2. Kaitan tokoh sukarni dengan perumusan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah…

a. Melakukan perubahan terhadap konsep setelah diketik

b. Penandatangan naskah Proklamasi

c. Pengetik naskah Proklamasi

d. Memberi ide agar Sukarno-Hatta yang menandatangani naskah Proklamasi

e. Ikut merumuskan naskah Proklamasi

Pembahasan    : Setelah rumusan teks proklamasi selesai dirumuskan muncul permasalahan, siapa yang akan menandatangani teks proklamasi? Soekarno mengusulkan agar semua yang hadir dalam rapat tersebut menandatangani naskah proklamasi sebagai” Wakilwakil Bangsa Indonesia”. Usulan Soekarno tidak disetujui para pemuda sebab sebagian besar yang hadir adalah anggota PPKI, dan PPKI dianggap sebagai badan bentukan Jepang. Kemudian Sukarni menyarankan agar Soekarno Hatta yang menandatangani teks proklamasi atas nama bangsa Indonesia. Saran dan usulan Sukarni diterima.

3. Indonesia pada saat Proklamasi 17 Agustus 1945….alat kelengkapan negara.

a. Membentuk

b. Membubarkan

c. Tidak memerlukan

d. Belum memiliki

e. Sudah memiliki


Pembahasan    : Negara RI yang dilahirkan pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya belum sempurna sebagai suatu negara. Oleh karena itu langkah yang diambil oleh para pemimpin negara melalui PPKI adalah menyusun konstitusi negara dan membentuk alat kelengkapan negara. Sehingga dapat dikatakan saat itu belum memilikial;at kelengkapan Negara.

4. Rapat raksasa di Lapangan Ikada untuk mendukung Proklamasi Kemerdekaan Indonesia berlangsung pada tanggal….

a.17 Agustus 1945
b. 19 Agustus 1945
c. 22 Juni 1945
d. 18 Agustus 1945
e. 22 Agustus 1945


Pembahasan    : Ahirnya pada tanggal 19 September 1945 tiba juga. Sejak pagi hari rakyat yang sudah yakin akan diadakan rapat raksasa tersebut sejak subuh pagi hari berduyun-duyun mendatangi lapangan ikada dan berkumpul membentuk kesatuan massa yang amat besar. Untuk menenangkan massa rakyat ini, pihak Pemuda-Mahasiswa mengajak bernyanyi. Atas usaha panitia, telah siap sistim pengeras suara yang cukup memadai, ambulance kalau-kalau diperlukan ada yang membutuhka pertolongan medis, dokumentasi yang dilaksanakan oleh juru foto dari kelompok ikatan jurnailistik profesional maupun amatir serta camera man Berita Film Indonesia (BFI). Pihak penguasa Jepang yang melihat derasnya arus rakyat yang menuju Ikada dan telah berkumpulnya massa yang besar, memanggil para penaggung jawab daerah Jakarta. Pak Wiryo dan Mr Roem mendatangi kantor Kempetai dan berusaha menjelaskan maksud dan tujuan dari berkumpulnya rakyat di Ikada dan mengatakan gerakan spontan ini hanya bisa diatasi oleh satu orang yaitu Presiden Soekarno sendiri. Tapi pihak Jepang tidak mau mengambil resiko dan mengirim satuan tentara yang dilengkapi kendaraan lapis baja. Penjagaan segera dilaksanakan oleh pasukan bersenjata dengan sangkur terhunus dilengkapi peluru tajam. Sementara kabinet Pemerintah RI tetap menolak. Bahkan ada berita kalau Presiden dan kabinetnya kalau perlu akan bubar. Mahasiswa segera mengambil inisiatip. Mereka mendatangi Presiden Soekarno pagi subuh tanggal 19 September 1945. Dijelaskan bahhwa Jepang tidak mungkin akan bertindak keras karena sesuai dengan tugas`sekutu, amat berbahaya bagi keselamatan kaum internira. Selain itu tentara Jepang akibat kalah perang telah kehilangan semanngat. Nampaknya Presiden mau diajak kompromi dan berjanji akan membicarakannya dalam rapat kabinet pagi hari. Pada tanggal 19 September 1945 pagi hari memang berlangsung rapat kabinet untuk membicarakan antara lain akan dibentuknya Bank Negara Indonesia. Rapat yang sedang berlangsung digedung ex Jawa Hokokai tidak kunjung selesai juga sampai waktu telah menunjukkan pukul 16.00. Para Pemuda-Mahasiswa mendesak terus agar Presiden segera berangkat ke Ikada. Mereka mengatakan bahwa tidak akan bertanggung jawab kalau masa berbuat sesuatu diluar kontrol, padahal rakyat hanya menginginkan kedatangan para pemimpinya untuk menyampaikan amanat sebagai kelanjutan Proklamasi. Sebagai jaminan Pemuda-Mahasiswa akan menjaga keselamatan para anggota kabinet tersebut. Ahirnya Presiden Sukarno mengambil keputusan akan ke Ikada. Bagi para anggota kabinet lainnya yang berkeberatan dipersilahkan untuk tidak ikut. Namun nyatanya semua yang hadir dalam gedung ex Jawa Hokokai dengan kendaraan masing-masing juga menuju Ikada.

5. Pada Tanggal 1 Januari 1946, pemerintah RI mengubah nama Tentara Keamanan Rakyat menjadi….

a.Badan Penolong eluarga Korban Perang

b.Tentara Keselamatan Rakyat

c.Badan Keamanan Rakyat

d.Angkatan Bersenjata Republik Indonesia

e.Tentara Nasional Indonesia

Pembahasan    : Hasil rapat pimpinan pada tanggal 1 Januari 1946 menyebabkan pemerintah mengubah nama Tentara Keamanan Rakyat menjadi Tentara Keselamatan Rakyat, Kementerian Keamanan Rakyat menjadi Kementerian Pertahanan. Belum sampai sebulan dikeluarkan lagi Maklumat Pemerintah Tanggal 23 Januari 1945 untuk mengganti nam Tentara Keselamatan Rakyat dengan nama Tentara Republik Indonesia (TRI).

6. Pada waktu RIS terbentuk, kedudukan RI…

a.Negara bagian Belanda
b.Menjadi bagian RIS
c.Dinyatakan bubar
d.Berdiri sejajar dengan RIS

e.Negara bagian Belanda Dibawah komando Sekutu

Pembahasan     : Negara Republik Indonesia adalah salah satu bagian dari Republik Indonesia Serikat yang berdiri pada tanggal 27 Desember 1949 . NRI juga menjadi pusat dari RIS karena Ibukota Jakarta ada di Wilayah NRI . Karena Presiden Soekarno menjadi Presiden RIS maka diangkat Mr.Assaat menjadi Acting Presiden Indonesia dan Mr. Soesanto Tirtoprodjo sebagai Perdana Menteri sebagai hingga pada 17 Agustus 1950 RIS bubar dan berdiri Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Assaat melepaskan jabatan kepada Soekarno.\

7. Komisi Tiga Negara (KTN) bertugas….

a. Menyatukan Tiga Negara anggota
b. Mencegah Agresi Militer Belanda II
c. Menyelesaikan konflik Indonesia-Belanda
d. Mencegah Agresi Militer Belanda I
e. KTN Mewakili Dewan Keamanan PBB

Pembahasan    : Tugas Komisi Tiga Negara (KTN) : menjadi penengah konflik antara Indonesia-Belanda. Komite ini awalnya hanyalah sebagai Committee of Good Offices for Indonesia (Komite Jasa Baik Untuk Indonesia), dan lebih dikenal sebagai Komisi Tiga Negara (KTN), karena beranggotakan tiga negara, yaitu Australia yang dipilih oleh Indonesia, Belgia yang dipilih oleh Belanda dan Amerika Serikat sebagai pihak yang netral.

8. Sebagai pemimpin delegasi Belanda dalam perundingan di atas Kapal USS Renville dengan pihak Indonesia adalah…

a. Dr. Van Royen
b. Abdul Kadir Wujayaatmaja
c. Suria Karta Legawa
d. Mr. Moh. Roem
e. Amir Syarifuddin

Pembahasan    : Enam puluh lima tahun yang lalu, tepatnya pada 17 Januari 1948, ditandatanganilah sebuah perjanjian antara Indonesia dan Belanda, hasil dari perundingan Renville yang dimulai sejak 8 Desember 1947. Perundingan itu dilaksanakan di atas geladak kapal perang Amerika Serikat, USS Renville, yang sedang berlabuh di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Tempat itu dipilih karena dianggap netral.Delegasi Indonesia dipimpin oleh Perdana Menteri Amir Syarifuddin Harahap. Delegasi Kerajaan Belanda dipimpin oleh Kolonel KNIL R. Abdul Kadir Wijoyoatmojo. Delegasi Amerika Serikat dipimpin oleh Frank Porter Graham. Perundingan ini dimediasi oleh Komisi Tiga Negara (KTN) yang terdiri dari Amerika Serikat, Australia, dan Belgia.

9. Indische Vereeninging didirikan oleh mahasiswa Indonesia yang belajar di….

a.Kairo, Mesir

b. STOVIA di Batavia

c. Amsterdam, Belanda

d. Sekolah Tinggi Pertanian, Bogor

e.Sekolah Tinggi Teknik, bandung

Pembahasan    :
Perhimpunan Indonesia didirikan tahun 1908 oleh mahasiswamahasiswa Indonesia yang belajar di negeri Belanda. Mereka antara lain: R.P Sosrokartono, R. Hoesein Djajadiningrat, R.N Notosuroto, Notodiningrat, Sutan Kasyayangan Saripada, Sumitro Kolopaking, dan Apituley. Pada mulanya Perhimpunan Indonesia bernama Indische Vereeniging. Kegiatannya pada mulanya hanya terbatas pada penyelenggaraan pertemuan sosial dan para anggota ditambah dengan sekali-sekali mengadakan pertemuan dengan orang-orang Belanda yang banyak memperhatikan masalah Indonesia, antara lain: Mr. Abenendanon, Mr. van Deventer, dan Dr. Snouck Hurgronye.

10. Dua partai terkuat pada Demokrasi Terpimpin adalah…

a. Masyumi-PKI
b. PNI-PKI
c. Masyumi-NU
d. PNI-Masyumi
e. PNI-NU

Pembahasan    :

11. Program-program Kabinet Sukiman tidak jauh berbeda dengan Kabinet Natsir. Namun jatuhnya Kabinet Sukiman ditandai oleh…

a. Kekecewaan para anggota Kabinet dan meminta mundurnya Sukiman
b. Bekas pimpinan negara-negara federal masih tetap bertahan
c. Campur tangan pihak Belanda dalam pemerintahan Indonesia
d. Hutang-hutang negara terlampau besar
e. Krisis modal dan munculnya korupsi pada setiap lembaga

Pembahasan : Usia kabinet ini tidak jauh berbeda dengan kabinet Natsir, karena pada masa kabinet ini banyak menghadapi masalah-masalah seperti krisis moral yang ditandai dengan munculnya korupsi yang terjadi pada setiap lembaga pemerintahan dan kegemaran akan barang-barang mewah. Kabinet Sukiman juga memprogram-kan untuk merebut kembali Irian Barat dari tangan Belanda, walaupun belum juga membawa hasil.

12. Tujuan utama pemerintahan kolonial belanda melaksanakan agresi militer I, Adalah

a. Melindungi indonesia dari perluasan kekuasaan bangsa-bangsa barat lainnya
b. Berupaya untuk meningkatkan perekonomian bangsa indonesia
c. Melindungi perusahan-perusahaan milik belanda di indonesia
d. Kembali ingin berkuasa atas wilayah indonesia
e. Menghancurkan kekuatan pemerintah republik indonesia

Pembahasan    : Tujuan Belanda melakukan serangan atas RI yang dimulai sejak 21 Juli 1947 ialah penghancuran RI. Untuk mencapai tujuan tersebut, Belanda tidak bisa melakukannya sekaligus, karena itu pada tahap pertama Belanda harus mencapai sasaran sebagai berikut:

1.    Politik, yaitu pengepungan ibukota RI dan penghapusan RI dari peta (menghilangkan de facto RI);

2.    Ekonomi, yaitu merebut daerah-daerah penghasil bahan makanan (daerah beras di Jawa Barat dan Jawa Timur) dan bahan ekspor (perkebunan di Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatera serta pertambangan di Sumatera);

3.    Militer, yaitu penghancuran TNI.

Jika fase pertama dapat dicapai dengan baik, maka fase kedua, yaitu fase penghancuran RI secara sempurna akan dapat dilakukan. Namun agresi militer Belanda I ternyata tidak berhasil mencapai tujuan fase pertama. Ibukota RI memang terkepung dan hubungan ke luar negeri sulit karena pelabuhan-pelabuhan penting dikuasai oleh Belanda. Ekonomi RI mengalami kesulitan pula karena daerah RI yang merupakan penghasil beras jatuh ke tangan Belanda. Tetapi dalam usahanya menghancurkan TNI, Belanda mengalami kegagalan.

13. Lagu indonesia raya pertama kali dikumandangkan di depan umum pada momen

a.Sumpah pemuda
b.Peristiwa rengasdengklok
c.Pendaratan jepang di indonesia
d.Peresmian BPUPKI
e.Proklamasi kemerdekaan indonesia

Pembahasan :
Lagu Indonesia Raya diciptakan oleh WR Supratman dan dikumandangkan pertama kali di muka umum pada Kongres Pemuda 28 Oktober 1928 di Jakarta (pada usia 25 tahun), dan disebarluaskan oleh koran Sin Po pada edisi bulan November 1928. Naskah tersebut ditulis oleh WR Supratman dengan Tangga Nada C (natural) dan dengan catatan Djangan Terlaloe Tjepat, sedangkan pada sumber lain telah ditulis oleh WR Supratman pada Tangga Nada G (sesuai kemampuan umum orang menyanyi pada rentang a – e) dan dengan irama Marcia, Jos Cleber (1950) menuliskan dengan irama Maestoso con bravura (kecepatan metronome 104).

14. Akibat pengaruh faham nasionalisme dalam kehidupan politik suatu negara adalah

a.Menculnya kesadaran untuk memperluas wilayah kekuasannya
b.Munculnya kesadaran untuk Berkembang
c.Keinginan menjalin hubungan antar negara nasionalis
d.Keinginan melepaskan diri dari ikatan penjajah
e.Munculnya kesadaran berbangsa dan bernegara

Pembahasan    :
Dalam bidang politik, tampak dengan upaya gerakan nasionalis menyuarakan aspirasi masyarakat pribumi yang telah hidup dalam penindasan dan penyelewengan hak asasi manusia. Mereka ingin menghancurkan kekuasaan asing/kolonial dari Indonesia.dengan kata lain faham nasionalisme memberikan pemahaman kepada suatu bangsa akan kesadaran berbangsa dan bernegara

15. Sebagai badan bentukan jepang, PETA bertujuan untuk

a.tanah air Indonesia
b.Mendapatkan bantuan dalam menghadapi perang
c.Memberikan pendidikan militer pada bangsa indonesia
d.pasifik Membentuk angkatan perang indonesia
e.Mempersiapkan bangsa indonesia sebagai bangsa yang merdeka

Pembahasan    : Para pemuda yang menjadi anggota PETA dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu: (1) mereka yang menjadi anggota PETA dengan semangat yang tinggi. (2) mereka yang menjadi anggota PETA yang dipengaruhi oleh orang lain. (3) mereka yang menjadi anggota PETA dengan perasaan acuh tak acuh. Para anggota PETA mendapat pendidikan militer di Bogor pada lembaga Jawa Boei Giguyun Kanbu Renseitai (Korps Latihan Pemimpin Tentara Sukarela Pembela Tanah Air di Jawa). Nama pendidikan itu kemudian berubah menjadi Jawa Boei Giguyun Kanbu Kyoikutai (Korps Pendidikan Pemimpin Tentara Sukarela Pembela Tanah Air di Jawa). Setelah mendapat pendidikan itu kemudian para tentara PETA ditempatkan pada daidan-daidan yang tersebar di Jawa, Madura, dan Bali.

16. Kongres pemuda membawa arti sangat penting dalam rangka mengahalang persatuan indonesia, Karena

a.Tidak ada jawaban yang benar
b.Semua jawaban benar
c.Bangsa indonesia mulai merasa punya harga diri
d.Semua jawaban benar Mulai adanya pemahaman terhadap ide persatuan
e.Semua organisasi pemuda dapat disatukan

Pembahasan    : manfaat dari kongres pemuda yaitu semua organisasi pemuda dapat disatukan, mulai adanya pemahaman terhadap ide persatuan, dan bangsa indonesia mulai merasa punya harga diri.

17. Jepang menyerah kepada sekutu setelah negaranya…

a.Terjadi kekosongan kekuasaan
b.Diberi ganti rugi yang besar jika menghentikan perang
c.Terjadi kudeta
d.Dibom atom sekutu
e.Terkena gempa bumi

Pembahasan : Jepang menyerah kepada sekutu setelah negaranya ( hiroshima dan nagasaki) di bom atom oleh sekutu yaitu Amerika.

18.Berikut ini adalah tokoh pemuda Indonesia yang terlibat dalam Peristiwa Rengasdengklok, kecuali….

a.Chaerul Saleh

b.Sukarni

c.Sudanco Singgih

d.Supriadi

e.Yusuf Kunto

Pembahasan : Tokoh pemuda yang terlibat dalam peristiwa rengasdengklok adalah yusuf kunto, sudanco singgih, sukarni, dan chaerul shaleh.

19.Lembaga negara yang melantik Ir. Sukarno sebagai Presiden Republik Indonesia pertama adalah….

a.DPR
b.PPKI
c.MPR
d.KNIP
e.BPUPKI

Pembahasan : KNIP ( Komisi Nasional Indonesia Pusat ) merupakan lembaga negara yang melantik Ir. Soekarno sebagai presiden Republik Indonesia pertama.

20. Berikut adalah tokoh yang berjasa menyebarluaskan berita Proklamasi melalui Kantor Berita Domei adalah…

a. Sukarno dan Mohammad Hatta
b.F. Wuz dan Adam Malik
c.Sukarni dan Adam Malik
d.F. Wuz dan Adam Malik
e.F. Wuz dan Waidain B. Palenewen

Pembahasan : F.wus dan Waidan b. Palenewen merupak tokoh yang bekerja dikantor Berita Domei dan mereka menyebarluaskan berita proklamasi kemerdekaan Indonesia melalui kantor mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: